Cara Download Suara Google Translate Keren yang Gak Kaku

C

Cara download suara Google keren biasanya dilakukan setelah Anda melewati serangkaian proses pengubahan teks menjadi suara. Seperti cara kerja Google Translate yang jadi awal mula suara Google menjadi viral. Anda harus memasukkan teks dulu, lalu pilih bahasa kemudian diubah menjadi suara.

Download Suara Google Keren di Google Translate?

Orang-orang mungkin selama ini tahunya cuma Google Translate. Kenyataannya, bukan cuma Google Translate saja yang menyediakan layanan teks ke suara. Sebut saja beberapa TTS lain seperti:

Apa yang tidak ada di Google Translate juga kini tersedia di layanan text to speech lainnya. Apa yang tidak ada di Google Translate tapi ada di text to speech lain? Yaitu fitur ‘download’. 

1. Cara Download Suara Google Keren (Standar)

Beberapa tool text to speech berikut ini memiliki fitur yang masih standar, tapi tetap bisa mengerjakan perintah utama dengan baik. 

Buat Voice Of Text Suaara Google Di Wa
Buat Voice Of Text Suaara Google Di Wa

Text to speech itu seperti: 

Cara:

  1. Buka salah satu tool di atas, misalnya Suaragoogle.com
  2. Kemudian masukkan teks di kolom kosong
  3. Pilih bahasa, otomatis juga memilih suara robot Google
  4. Klik submit
  5. Coba scroll ke bawah, Anda menemukan file siap download. Klik download pada file tersebut
Download Suara Google
Download Suara Google

Fitur-fitur ini masih sangat standar. Kita tidak bisa pilih jenis suara atau jenis kelamin suara Google. Karena sistem pilihan suara otomatis diatur saat kita pilih bahasa.

Baca  Download MP3 Nada Dering WA Keren untuk Notifikasi Pesan Masuk Terbaru

Kadang saat pilih bahasa Korea, pengisinya wanita. Saat memakai bahasa Inggris, pengisi suaranya pria. Jika ingin tool yang lebih canggih lagi, simak suara Google keren berikut ini.

2. Cara Download Suara Google Keren (Pilih Wanita atau Pria)

Semakin ke bawah, Anda akan menemukan cara download suara Google yang paling keren. Di sini, Anda bisa memilih jenis kelamin dari suara Google yang digunakan. 

Berikut beberapa tool yang bisa digunakan:

  • Freetts.com
  • Text to speech Botika
  • Narakeet.com

Cara: 

  1. Gunakan salah sato TTS di atas, misalnya menggunakan freetts.com
  2. Masukkan teks tidak boleh lebih dari 200 karakter
  3. Pilih suara apa yang akan digunakan, suara Google atau suara Amazon
  4. Kemudian pilih bahasa sekaligus pilih jenis kelamin suara. Anda bisa pilih suara wanita atau nama pria untuk sound of text cowok, terserah Anda
  5. Klik Convert to MP3 kemudian baru klik Download MP3
Buat Suara Pria Dan Wanita Google Di Freetts
Buat Suara Pria Dan Wanita Google Di Freetts

Ketiga situs ini luar biasa bagus. Masing-masing punya keunggulan sendiri. Kalau Freetts memiliki keunggulan bisa tambahkan script untuk menambah editing suara, misalnya jika Anda ingin mengatur jeda, emphasis, atau ingin menggunakan cara pembacaan tanggal atau waktu yang berbeda. Hanya saja untuk pemula, menggunakan kode script ini tidak semuanya bakal langsung paham.

Baca  Skema Box Subwoofer Model RCF TTS36 Custom

Sementara text to speech Botika, memiliki keunggulan jenis suara yang dihasilkan cocok dimanfaatkan sebagai pengganti voice over. Tapi kesan robot-robotnya masih melekat. Jadi tidak perlu khawatir.

Jika Narakeet, kelebihannya ada pada jenis suara yang koleksinya banyak, termasuk suara anak kecil, terus kita bisa masukkan teks berapapun tanpa batasan. Tapi kalau berlebihan, Anda harus bayar. Kita juga bisa mengupload dokumen ke Narakeet untuk diubah menjadi suara atau audiobook.

3. Cara Download Suara Google Keren (Edit Audio)

Beberapa tool berikut ini memiliki fitur editing tambahan. Seperti untuk mengatur jeda, emphasis, pitch, dan lain-lain yang membuat suara Google Anda seperti punya gaya bicara yang mirip manusia. 

Beberapa tool itu seperti:

  • Voicemaker.in
  • Notevibes.com
  • Text to speech Google Cloud

Cara:

  1. Pilih salah satu tool di atas, contohnya voicemaker.in
  2. Masukkan teks yang akan diubah menjadi suara Google
  3. Anda bisa edit bagian pauses, speed, volume, dan say as. Namun bila Anda ingin abaikan opsi ini juga tidak masalah
  4. Di bagian AI Engine, Anda bisa pilih standar TTS atau neural TTS apabila ingin suara terdengar lebih natural. Kalau yang standar, suaranya biasa-biasa saja
  5. Pilih bahasa
  6. Pilih jenis suara
  7. Klik convert to speech untuk mendengarkan atau langsung download dengan ketuk Download MP3
Baca  Sound of Text Lagu DJ MP3 di Google Translate, Ini Caranya!
Google Translate Text To Speech Engine
Google Translate Text To Speech Engine

Bicara soal text to speech milik Google resmi, tentu suara yang mereka berikan lebih spesial dan mirip. Anda bisa gunakan tool mereka namun ada kendala:

  • Perlu daftar dan mencantumkan kartu pembayaran
  • Produk mereka berbayar, tapi kita bisa dapatkan akses gratis selama 90 hari
  • Jika malas membayar, Anda bisa memakai versi demo, tapi tidak ada fitur download-nya. Jadi nantinya cara kita dapatkan suara Google harus dengan merekam, seperti sata memakai Google Translate

Tapi kita tidak bisa palingkan muka dari betapa canggihnya tool text to speech suara Google milik Google langsung. Karena di sana tersedia beberapa fitur menarik seperti: 

  1. Tersedia 6 tipe suara, yang neural (alami), gaya studio, polyglot, wavenet, news, dan basic. Kalau di text to speech lain cuma standar dan neural, kalau di Google Cloud lebih lengkap.
  2. Bagian audio device profile bisa pilih yang default, jam tangan pintar atau perangkat yang dapat dikenakan, smartphone, headphones atau earbuds, small home speaker, smart TV, car speaker, dan IVR.
  3. Ada tag SSML, memungkin Anda menambahkan jeda, nomor, format tanggal dan waktu

Dan masih banyak lagi fitur lainnya. Gratis untuk 90 hari trial dan diberikan saldo 300 dollar untuk pembelian produk text to speech Google.

Referensi terkait:

About the author

Hairun Wicaksana

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.